Cara Paling Sederhana untuk Menghilangkan Stres

0

Cara Paling Sederhana untuk Menghilangkan Stres koentjie-nya ada pada diri. Yang namanya hidup, tindakan orang lain tidak bisa kita kontrol sesuai yang kita harapkan. Sementara hati kita juga mempunyai batas toleransi karena terlalu berharap. Akibatnya, kita semua mengalami stres, baik di tempat kerja, di rumah, bahkan di jalan.

Terkadang hal biasa yang dijalani dalam rutinitas harian bisa menjadi penyebabnya. Kondisi harian yang kita respon dengan sangat serius bisa menjadi pemicu stres sehari-hari, misalnya terlalu sibuk atau bahkan terjebak macet juga dapat menyebabkan kita sangat stres.

Tahukah Anda jika stres yang dipicu oleh rutinitas, jika dibiarkan bisa menjadi kronis. Anda mungkin dapat mengabaikannya dengan alasan memang situasinya sedang seperti itu. Akan tetapi stres dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda. Contoh paling mudahnya, emosi Anda sangat mudah tersulut oleh hal remeh.

Memang sih, tidak ada kehidupan yang benar-benar bebas stres. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana mengelola stres dalam hidup.

Cara Mudah Mengelola Stres

Mendengarkan Musik

Jika Anda merasa lelah selama beraktivitas yang terasa membuat stres, istirahatlah dan dengarkan musik yang menenangkan agar bisa menghilangkan stres. Musik yang positif tentunya, bukan musik yang mengingatkan Anda pada kondisi dan situasi galau. Musik dengan nada ceria dapat meningkatkan mood.

Mendengarkan musik yang menenangkan memiliki efek positif pada otak dan tubuh. Ini menurunkan tekanan darah dan menurunkan kortisol yang berhubungan dengan stres.

Bicarakan dengan Sahabat

Saat Anda merasa stres karena merasa nggak sanggup ‘menampungnya’ sendiri, ‘menepilah’ sejenak, jangan sok kuat. Teleponlah seorang sahabat, ngobrol ringan atau membicarakan masalah Anda.

Hubungan yang sangat baik dengan teman dan orang yang kita cintai itu sangat penting untuk gaya hidup sehat apa pun. Keberadaan mereka sangat berarti ketika Anda berada di bawah banyak tekanan.

Bahkan dalam kasus tertentu, menelepon seseorang yang menyayangi dan Anda sayangi hanya sekitar satu menit bisa kembali menyegarkan. Suara menawan yang terdengar di telepon seakan mengangkat beban stres, dan mampu membuat Anda tersenyum.

Bicara dengan Diri Anda Sendiri

Terkadang Anda tidak punya pilihan untuk menelepon seorang teman. Dalam hal ini, mungkin yang terbaik adalah berbicara pada diri sendiri dengan tenang. Mengapa stres? Katakan pada diri sendiri apa yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan atau yang sedang menjadi masalah.

Ajak pikiran Anda sejenak untuk memikirkan hal yang sudah berhasil dilakukan, jangan hanya berkutat dengan yang belum dan masih buntu. Yang terpenting, yakinkan diri Anda semuanya akan baik-baik saja, selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah.

Makan dengan Benar

Tingkat stres dan diet yang tepat berkaitan erat. Ketika kita kewalahan, kita sering lupa untuk makan dengan baik. Justru menggunakan makanan ringan yang manis dan berlemak sebagai pilihan. Hal ini justru akan memicu masalah kesehatan lain yang tidak diharapkan dan memicu sumber stres baru.

Lebih baik hindari camilan manis, pilih ngemil buah-buahan yang mengandung gula alami, serta sayuran yang selalu baik untuk dikonsumsi. Ikan yang tinggi asam lemak omega-3 juga telah terbukti mengurangi gejala stres.

Hal-hal untuk meminimalisir timbulnya stres sudah dilakukan, tapi stres tetap saja dirasakan. Maka ada baiknya diketahui juga cara menghilangkannya.

Bagaimana Cara Paling Sederhana untuk Menghilangkan Stres?

Minum Teh

Kadar kafein yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dalam waktu singkat. Ini dapat menyebabkan sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal Anda menjadi overdrive. Alih-alih meminum kopi atau minuman yang berenergi, cobalah meminum teh hijau. Teh mengandung sekitar setengah jumlah kafein sebagai antioksidan sehat, serta asam amino theanine, yang menstabilkan sistem saraf.

Perbaiki Gaya Hidup

Ubah kebiasaan yang membuat Anda rentan dihinggapi stres. Perubahan gaya hidup alias lifestyle ini sangat efektif dalam jangka panjang. Luangkan waktu untuk lebih perhatian pada kebutuhan diri.

Konsep “perhatian” adalah bagian besar dari pendekatan meditatif dan somatik untuk kesehatan mental dan telah menjadi populer baru-baru ini. Kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk melihat kedalam diri bisa melalui yoga, meditasi dan Pilates.

Sistem melihat ke dalam diri ini menggabungkan latihan fisik dan mental, yang dapat mencegah stres. Cobalah bergabung dengan kelas.

Latihan (Bahkan untuk Satu Menit)

Berolahraga tidak selalu berarti angkat beban di gym atau berlatih untuk maraton. Berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau hanya berdiri untuk meregangkan tubuh saat istirahat di tempat kerja dapat memberikan bantuan langsung dalam situasi stres. Membuat darah Anda bergerak melepaskan endorfin dan dapat meningkatkan suasana hati Anda, bahkan boleh dibilang ini cara instan mengenyahkan stres.

Cukupi Waktu Tidur Berkualitas

Hampi semua orang paham bahwa stres bisa membuat Anda jauh dari rasa mengantuk. sayangnya Insomnia juga merupakan penyebab utama stres. Lingkaran seperti ini bisa memperburuk kinerja otak dan tubuh. Jika dibiarkan justru memperburuk keadaan dan menurunkan imun tubuh.

Ikuti anjuran tenaga kesehatan dengan tujuh sampai delapan jam untuk waktu tidur malam. Matikan TV, gadget lebih awal, luangkan waktu untuk beristirahat sebelum tidur dalam cahaya redup.

Itulah ulasan tentang cara paling sederhana untuk Menghilangkan Stres. Semoga bermanfaat.

Salam semangat beraktivitas ya Kawans Dizaz.

Leave A Reply

Your email address will not be published.