Cara Terbaik Menetapkan dan Merencanakan Tujuan Penurunan Berat Badan

0

Berat badan ideal bukan hanya tuntutan penampilan, akan tetapi lebih pada untuk menjaga kesehatan dan keleluasaan bergerak aktif. Mencari tahu berapa banyak berat badan yang ingin Anda turunkan adalah langkah pertama dalam perjalanan penurunan berat badan yang baru.

Ada banyak cara berbeda untuk mencapai tujuan jangka panjang yang realistis dan aspiratif. Menetapkan pandangan Anda di masa depan dapat membantu mendorong motivasi yang dibutuhkan untuk membuat perubahan yang sehat. Berikut adalah cara untuk memulai:

Cara merencanakan penurunan berat badan ideal

Apakah Anda Perlu Menurunkan Berat Badan?

Banyak orang merasa mereka harus menurunkan Berat Badan, meskipun tidak selalu demikian. Bukan hal yang aneh untuk memiliki pandangan yang tidak realistis tentang berat badan yang sehat sebenarnya.

Ada parameter luas untuk menentukan apakah penurunan berat badan direkomendasikan untuk alasan kesehatan. Jika Anda menurunkan berat badan untuk kesehatan. Target sederhana sebesar 5% hingga 10% dari berat badan Anda saat ini dapat mulai meningkatkan penanda penting seperti tekanan darah dan kadar gula darah.

3 Manfaat lain dari menjaga kestabilan berat badan, bahkan penurunan berat badan moderat dapat mencakup lebih banyak energi, dorongan kepercayaan diri, meningkatkan kebugaran, dan mobilitas yang lebih baik.

Namun, terkadang tujuan kita didasarkan pada faktor lain. Seperti keinginan untuk mengenakan kembali pakaian lama atau berpenampilan tertentu. Selama tujuan kita realistis dan tidak mengarah ke kategori underweight yang berbahaya, dan memicu masalah kesehatan lain yang malah membuat stres. Maka tidak ada salahnya menetapkan tujuan kesombongan, seperti agar terlihat menawan, dan bisa juga salah satu cara menghilangkan stres Anda, bersenang-senang dengan berat badan.

Bersama dengan dokter Anda, Anda dapat memutuskan apakah ini saat yang tepat untuk menetapkan tujuan penurunan berat badan atau tidak. Intinya, lakukan dengan pertimbangan yang didasarkan kondisi tubuh.

Bagaimana Cara Terbaik untuk Menetapkan dan Merencanakan Tujuan Penurunan Berat Badan?

Penetapan Sasaran yang Cerdas

Kunci untuk menetapkan tujuan penurunan berat badan adalah mengikuti standar penetapan tujuan, yang berarti harus SMART. Tujuan SMART adalah singkatan dari karakteristik berikut:

  • Spesifik : Jelaskan niat Anda dengan memasukkan beberapa angka dan detail ke dalam tujuan Anda.
  • Measurable : Bagaimana Anda akan melacak kemajuan Anda? Apakah Anda akan mengukur berat badan, lingkar pinggang, BMI, atau kinerja olahraga?
  • Attainable : Apakah Anda memiliki waktu, sumber daya, dan motivasi untuk mencapai tujuan Anda?
  • Realistis : Tidak apa-apa untuk menetapkan tujuan yang ambisius selama itu mungkin dan dalam jangkauan.
  • Time-bound : Tetapkan tenggat waktu untuk tujuan Anda. Bagilah menjadi tonggak pencapaian jangka pendek agar tetap berada di jalur yang tepat untuk jangka panjang.

Mencapai Tujuan Anda

Setelah Anda menentukan bahwa Anda siap untuk menurunkan berat badan, Anda memerlukan alat yang tepat untuk menjalankan rencana Anda. Ingatlah bahwa tingkat penurunan berat badan yang sehat adalah 1 hingga 2 pon (0.5 – 1.5 Kg) per minggu. Menurunkan berat badan dengan kecepatan yang lambat dan stabil ini memberi Anda peluang terbaik untuk mempertahankan kemajuan Anda dalam jangka panjang.

Sangat membantu untuk mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan. Kalkulator penurunan berat badan ini akan membantu Anda menetapkan target kalori harian untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

Defisit kalori ini dapat dicapai melalui kombinasi pola makan yang penuh perhatian dan peningkatan aktivitas fisik. Berfokuslah untuk membuat pilihan yang sehat dan berikan waktu untuk melihat kemajuan dalam timbangan atau ukuran tubuh Anda. Konsistensi adalah kunci sukses.

Itulah ulasan cara terbaik untuk menetapkan dan merencanakan tujuan penurunan Berat Badan yang niat saya lakukan. Semoga bermanfaat juga untuk Kawans Dizaz.

Leave A Reply

Your email address will not be published.