Tips Terbaik untuk Membuat Konten Berkualitas yang Kekinian

0

Membuat konten berkualitas menurut saya bukan hanya untuk memuaskan followers, (kalau saya menyebutnya ‘Kawans Dizaz’ di blog ini), tapi lebih kepada pembuktian diri terhadap progres menekuni dan mempelajari sesuatu yang disukai.

Apalagi jika ingin mengalahkan persaingan di SERP. Yang harus dilakukan adalah memposting konten berkualitas tinggi. Kedengarannya sih mudah saja bukan? Akan tetapi ada beberapa masalah dengan ini, dinataranya yaitu semua orang berpikir konten mereka memiliki kualitas tertinggi.

Tips membuat konten berkualitas dengan ciri personal

Konten berkualitas tinggi mungkin merupakan salah satu topik yang paling sulit diidentifikasi, sebab menyangkut selera orang lain. Kita hanya bisa meraba-raba tentang konten yang diinginkan, diantarany menghitung kata bagi content writers.

Tanpa dizsadari kita cenderung fokus pada hal yang agak keliaru, seperti kepadatan kata kunci atau pemformatan. Berikut ini tips terbaik untuk Membuat Konten Berkualitas yang coba saya rangkumkan:

Riset, Ketahui Tujuan Pencarian dan Sajikan Semua Informasi yang Dibutuhkan

Meluangkan waktu sejenak untuk mempelajari pengunjung yang datang. Tujuan dari sebuah risetpencarian adalah untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi pencarian informasi secara online. Misalnya mereka mencari informasi umum tentang suatu topik, jawaban atas pertanyaan, mencari solusi untuk masalah, atau mungkin sedang mencari produk untuk dibeli.

Sebelum membuat konten Anda perlu memahami, memposisikan diri sebagai peselancar dunia maya tersebut, bagaimana orang akan menemukan dan menggunakannya serta hasil yang ingin Anda lihat.

Contoh sederhananya, apakah Anda mencoba menjual produk atau layanan? Maka yang perlu dipertanyakan di kepala atau tim pendukung, misalnya: Buat daftar pelanggan email? Bagaimana kebutuhan audiens Anda sesuai dengan tujuan pemasaran Anda? Semua ini perlu dipertimbangkan dalam strategi konten Anda. Hanya dengan demikian permintaan tindakan Anda akan konsisten dan sejalan dengan sasaran konten dan niat pengguna Anda.

Gunakan Format yang Sesuai Agar Mudah Dibaca

Konten Anda harus mudah disalin dan ditempel untuk memudahkan pelanggan dan mesin telusur membacanya. Bahasa sederhananya, konten harus human friendly sekaligus SEO friendly. Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh indeks dan peringkat situs web Anda di mesin pencari.

Bagaimana Anda memformat konten memainkan peran besar dalam kinerjanya secara keseluruhan. Orang-orang mengabaikan artikel, jadi headline dan caption harus bisa menarik ‘perhatian’. Orang-orang tidak merespons teks besar dengan baik, jadi terkadang harus bersiasat dengan beberapa topik paling populer.

Bagaimana Tips Terbaik untuk Membuat Konten Berkualitas?

Tentunya semua bermula dari IDE. Temukanlah ide konten. Semuanya dimulai dengan sebuah topik. Topik konten yang Anda pilih dapat mumuat atau malah menghancurkan efektivitas strategi pemasaran konten Anda. Berhati-hatilah.

Penting bagi Anda untuk memilih topik yang akan menjadi fokus audiens Anda. Periksa pesaing Anda untuk melihat jenis konten yang mereka posting. Saat menyusun daftar tugas, mulailah mengisi kalender editorial Anda. Jangan hany membuat rencana dalam kepala tanpa progres nyata.

Pastikan Anda tidak pernah mengedit topik baru pada menit terakhir. Lakukan riset untuk mempertahankan kepercayaan dan otoritas. Jangan sampai menjadikan rujukan yang kepercayaan konsumen terhadap institusi dan media yang secara konsisten rendah.

Memastikan konten Anda kredibel, ini jauh lebih penting daripada hanya sekedar ikut-ikutan berita media. Ini berarti Anda perlu melakukan penelitian ekstensif dan menemukan informasi lebih akurat.

Lakukan upaya maksimal demi untuk mendukung ide yang akan Anda bahas. Bahkan jika Anda menulis tentang pengalaman pribadi yang telah Anda miliki sebelumnya, penelitian tetap penting. Anda tidak ingin mengambil risiko kehilangan audiens Anda dengan menyajikan informasi palsu kan.

Nah, salah satu cara untuk mengikuti pembaruan yang relevan adalah memasang Google Alerts untuk mendapatkan ide konten yang menarik.

Tampil Beda dengan Konten Multimedia

Konten visual lebih mudah dilakukan dan diingat orang daripada teks biasa. Termasuk kategori kepemilikan gambar yang melengkapi konten yang ditulis dengan baik, seperti:

  • Tangkapan layar
  • Foto
  • Infografis
  • Grafik
  • Video
  • GIF
  • Meme

So, variasikan konten Anda antara tulisan dan media pendukung yang dipilih.

Tinjau dan Edit Sebelum Diterbitkan

Jika kualitas tinggi adalah fokus utama, menerbitkan draf pertama tanpa perbaikan cepat seharusnya tidak ada dalam radar Anda. Di sini kalender editorial bisa menjadi aset utama.

Biarkan diri Anda satu atau dua hari untuk duduk dan memeriksa tenggat waktu Anda dan menulis artikel. Kemudian kembali dan perbaiki. Itulah ulasan tentang tips terbaik untuk Membuat Konten Berkualitas. Semoga bermanfaat. Selamat berkreasi dengan konten-konten menarik versi Anda, Kawans.

Leave A Reply

Your email address will not be published.